Jumat, 19 Desember 2014

CABRI 3D


CABRI 3D
Menurut Accascina dan Rogora (2006), Cabri 3D adalah perangkat lunak dinamis geometri yang dapat digunakan untuk membantu siswa dan guru dalam mengatasi beberapa kesulitan-kesulitan yang dialami dan membuat belajar geometri dimensi tiga (geometri ruang) menjadi lebih mudah dan lebih menarik.
Menurut Anthony (2006) hasil penelitian menunjukan bahwa Cabri 3D memiliki dasar yang sangat kuat dalam membantu proses pembelajaran matematika khususnya geometri, karena mampu membantu memvisualisasikan konsep geometri.
Dari beberapa penelitian seperti yang telah dilakukan oleh Irsadi (2012), Guven (2008), dan Rogora (2005) menyebutkan bahwa Cabri 3D mampu meningkatkan kemampuan spasial siswa.
Cabri 3D dengan versi terbarunya Cabri 3D V2 tersebut diharapkan siswa-siswi dapat menyelesaikannya dengan cepat dan tepat. Pemahaman secara mendalam tentang geometri berguna dalam berbagai situasi dan berkaitan dengan topik-topik matematika dan pelajaran lainnya di sekolah. Siswa-siswi lebih tertarik pada objek-objek pemodelan atau contoh-contoh konkrit. Oleh karena itu diharapkan pembelajaran menggunakan media pembelajaran yang mendukung salah satunya dengan menggunakan software Cabri 3D.

A.    Kelebihan dan Kekurangan Cabri 3D
Kelebihan :

  • Gambar-gambar bangun geometri yang biasanya dilakukan menggunakan bangun baik berupa kerangka bangun maupun ruang dari jaring-jaring dapat dibuat dengan mudah yang lebih cepat dan teliti. 
  • Adanya animasi gerakan (dragging) dapat memberikan visualisasi dengan jelas.
  • Dapat digunakan sebagai alat evaluasi apakah pekerjaan yang dilakukan adalah benar atau salah. 
  • Memudahkan guru dan siswa untuk menyelidiki sifat-sifat yang berlaku pada suatu objek. 
  • Mempunyai perintah pengerjaan matematika yang luas.
  • Mempunyai suatu antarmuka berbasis worksheet.
  • Mempunyai fasiitas pengerjaan yang baik dalam dimensi dua dan dimensi tiga.
  • Bahasa pemogramannya memudahkan pemahaman konsep peserta didik.
  • Hasil pengerjaannya lebih baik dibandingkan software Autograph dan Maple.
  • Mempunyai fasilitas untuk membuat dokumen dalam beberapa format
Kekurangan :
  • Hasil pengukurannya kurang akurat karena menggunakan angka decimal.
  • Kurang baik dalam kemampuan Originality (keaslian) dan Sensitivity (kepekaan).
 
B.    Peralatan Cabri 3D Dan Penggunaannya







C.    Contoh Penerapan Cabri 3D Dalam Matematika
Menentukan Jaring-Jaring Sebuah Kubus
  • Klik Regular Tetrahedron lalu pilih cube, untuk membentuk kubus pada bidang, klik sembarang titik pada bidang kemudia tarik. Kubus dapat ditarik dengan mengembalikan kursor. 




  • Untuk membuka kubus (melihat jaring-jaring), klik   Open Polyhedron





  • Klik   manipulation, lalu tariklah salah satu sisi pada kubus tersebut agar jaring-jaring .

Menghitung Salah Satu Sudut Kubus















  • Klik   cube lalu gambar kubus dibidangnya 
 
 
 
  • Klik   manipulation, lalu klik kanan, pilih surface style lalu empty
 
 
 
Kita dapat melihat rusuk-rusuk kubus secara jelas dengan sisi-sisi kubus yang transparan.
  • Klik   angle
 
 
 
  • Klik pada titik yang akan dicari sudutnya
 
 
 
  • Besar sudut kubus tersebut adalah 900 karena garisnya saling tegak lurus.
 
Mengetahui Besar Sudut Segitiga (Diagonal Ruang) Didalam Sebuah Kubus.
  • Klik   cube, lalu gambar kubus dibidangnya.
 
 
 
  • Klik   manipulation, lalu klik kanan, pilih surface style lalu empty.
 
 
 
  • Klik   triangle, lalu buat bidang segitiga.
 
 
 
  • Klik   angle untuk menghitung sudut-sudut bidang segitiga.
 
 
 
  • Sudut bidang segitiga tersebut adalah 600 karena segitiga tersebut berada pada kubus sehingga segitiga tersebut merupakan segitiga sama kaki.

Menghitung Volume Pada Kubus
  • Buat kubus dengan cara yang sama.
  • Ukur panjang rusuknya dengan menggunakan distance, yaitu klik dua titik yang menjadikan rusuk.
 
 
 
  • Klik volume dan letakan pada kubus tersebut.
 

 Menghitung Luas Salah Satu Bangun Datar (Persegi)
  • Buat persegi dengan memilih square.
 
 
 
  • Ukur panjang sisi dengan menggunakan distance , yaitu klik dua titik yang menjadikan rusuk. Kemudian pilih area untuk melihat  besar luasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar